Selasa, 25 Desember 2012

Say No to Drugs! | Seputar Indonesia

komunitas Goodlife society diliput di koran dan e-news seputar indonesia.
http://www.seputar-indonesia.com/news/say-no-drugs

Say No to Drugs!

ngamen sehat @tebet. angga, yuki,& sham












”When you do a lot of good things, a good life will come to you.If you have a good life, a lot of good thing will come to you.”

Begitulah filosofi yang dianut komunitas GoodLife Society, sekelompok anak muda yang peduli akan gaya hidup sehat.Komunitas yang dibentuk sejak 7 Agustus 2011 ini diprakarsai Madya Wirapati, Danar Bayu Crisna, Yuki Wirabagja, Fira Julianda, Agustriadi Nugraha,dan Sulistiawati. Mereka memiliki kesamaan dalam memandang gaya hidup sehat.Tidak merokok dan tidak mengonsumsi alkohol. Tujuan mereka membentuk komunitas ini tak lain agar anak-anak muda di Indonesia dan Jakarta khususnya dapat menerapkan hidup sehat.

Untuk saat ini, GoodLife Society fokus kepada anak muda Jakarta,tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menyeluruh di seluruh Indonesia.Tujuan utama dari komunitas ini adalah menjadikan hidup sehat sebagai gaya hidup. Meski baru berjalan setahun,Good- Life Society telah mendapatkan banyak respons positif dari berbagai pihak. Komunitas ini juga menjalin kerja sama dengan lembaga yang terbiasa mengobati trauma dan kebiasaan buruk.

Hal ini berguna bagi mereka yang sulit menghilangkan kebiasaan buruk seperti rokok dan alkohol. GoodLife Society berencana akan menjalin kerja sama yang solid dengan lembaga rehab resmi dan lebih besar seperti Badan Narkotika Nasional (BNN). GoodLife Society menaungi beragam subkomunitas yang terbentuk sesuai hobi dan minat seperti bersepeda, sepak bola, basket, tari, teater,musik, desain, film, dan fotografi.

Dalam beraktivitas, mereka memiliki lima prinsip dasar yang semua poinnya merujuk kepada hidup sehat. ”Kami punya prinsip dasar, no smoking, no alcohol, no drugs, no free sex, dan no littering,”ujar humas GoodLife SocietyFira Julianda kepada harian Seputar Indonesia (SINDO),Sabtu (22/12). Tak heran jika mereka giat mengampanyekan lima prinsip dasar tersebut Salah satunya program yang kini dilakukan adalah Kampanye Ngamen. Aksi ini berorientasi mengumpulkan 1.000 puntung rokok untuk Jakarta yang lebih bersih.

Menurut Fira, ditargetkan dalam waktu dua hingga tiga bulan dapat mengumpulkan 1.000 puntung rokok.Biasanya, mereka ngamen di tempat-tempat yang banyak dikunjungi anak muda. Kemudian,mereka meminta rokok yang sedang dihisap pengunjung dan diganti dengan permen. Kampanye ini pun mendapatkan sambutan yang baik pengunjung.Pada tahun mendatang, GoodLife Society berencana mengadakan roadshow ke sekolah SMP dan SMA untuk mengampanyekan hidup sehat.

Menurut pengamat sosial Devi Rahmawati, maraknya komunitas anak muda yang peduli akan lingkungan dan sosial patut di apresiasi.Kesadaran ini muncul dari diri mereka sendiri secara swadaya sebagai gerakan massa demi kehidupan yang lebih baik.Maraknya komunitas anak muda ini terjadi hampir di seluruh dunia dan ditunjang dengan teknologi yang canggih, sehingga kesadaran ini menjadi kesadaran global.

”Ini merupakan hal yang unik bahwa anak muda sekarang tidak hanya hidup dalam hedonisme, tapi ada juga yang sudah sadar bahwa keberlangsungan hidup bumi berada di tangan mereka.Anak muda inilah yang akhirnya akan meneruskan kehidupan bangsa di masa depan yang lebih baik,”ujar Devi kepada SINDO,Sabtu (22/12). Dengan gaya hidup modern saat ini, generasi muda semakin terbuka menerima pembaruan dengan berpikir lebih memperhatikan kualitas hidup sehat. ema malini