Rabu, 27 Februari 2013

P A R A N M A U M / 파란마음



#dorama
paran maum
youtube
Wordpress
















Alkisah lima belas tahun yang lalu saya pernah pinjam kaset milik teman - Smashing Pumpkins album Mellon Collie and the Infinite Sadness, dan membut saya jadidsgemar dengan karakter musik khas Rock Alternative-nya Smashing Pumkins. Namun mereka sudah vakum di tahun 2000, dan kembali bangkit dengan personil yang berbeda pada tahun 2005. Nama Smashing Pumkins berhasil menelurkan album Zeitgeist (2007) dan Teagarden by Kaleidyskop (2009). Seiring dengan waktu berlalu sempat saya penasaran (searching) mengenai side project tiap-tiap personel lamanya, salah satunya adalah ex-gitaris 'James Iha' yang terlibat dalam pembuatan soundtrack untuk film Linda Linda Linda yang dirilis tahun 2005. Karena penasaran dan ingin tau film tersebut (dikarenakan beberapa soundtrack diisi oleh gitaris legendaris James Iha), akhirnya pada tahun 2008 saya baru bisa menonton film Linda-Linda-Linda dengan subtitle bahasa inggris.

Film yang menceritakan tentang 4 orang remaja dari kalangan kelas menengah yang punya hobi nge-band, mereka berusaha berjuang keras untuk dapat tampil di suatu gigs dengan mengcover Lagu berjudul 'Linda Linda' milik band indie rock bernama 'The Blue Heart'. 
Apik dengan teknik pengambilan gambar 'stilomatik' pada beberapa plot film tersebut. Menurut saya ini film cutting edge/non mainstrem, tanpa adegan vulgar, konflik kekerasan dan standar retorika cinta basi yang biasanya klise ada di adegan film-film.Yang ada di film adalah penggambaran penuh tentang apiknya ideologi pertemanan. Dan mungkin saya tak akan pernah nonton film sebagus Linda Linda Linda bila tak mengenal Smahsing Pumpkins terlebih dahulu.

http://feminema.wordpress.com/2011/02/17/female-rockers-linda-linda-linda-2005/