Senin, 15 April 2013

Dompet dari kotak susu bekas


sumber gambar : http://sawo-kecik.blogspot.com
sampah tetrapack ini (produk susu kotak) agak susah didaur ulang, ketika akan dilebur menjadi bubur kertas harus dipisahkan antara material kertas dan plastik. untuk negara dunia ketiga masih belum/jarang memiliki teknologi tersebut. namun kita bisa mensiasatinya dengan me-reduce sampah tetrapack ini. kemasan tetrapack yang sudah tak terpakai karna isinya telah kt minum bisa kita buat menjadi dompet saku yang berguna untuk menaruh uang dan kartu, bagus juga untuk anak/adik2 kita yang ingin belajar menyimpan uang dan tak perlu beli dompet yang mahal, atau kita pakai sendiri sebagai dompet yang go green (dari produk reuse, reduce, recycle).

untuk pembuatan dompet sy menggunakan tetrepack dari susu diamond (cara pembuatan ini diajarkan oleh teman kampus seangkatan dengan sy, dan terinspirasi oleh sawokecik, juga goodlife society) 

buat pola dompet dari kemasan susu yang sudah habis isinya :P pilih bagian/gambar yang kita inginkan menjadi bagian luar dompet tsb, dan membongkar kemasan tersebut menjadi lembaran yang terbuka, setelah itu kita rapihkan sisi kanan kirinya, agar membentuk seperti pola gambar di bawah.



buat pola seperti ini
pola dompet dari kotak susu


rapihkan pinggir bagian lembaran
pola lembaran dasar/awal dompet



setelah itu buat pola penyelesaian yang saya contohkan
pada gambar paling atas. dengan memotong, mengerel,
dan melipat-lipat
bagian luar dari pola
setelah itu tinggal kita lipat di bagian dalam
lipat dari 4 bagian menjadi 2 bagian  
masukan bagian pengunci ke sela-sela lipatan disampin
masukan bagian yang satu lagi
ya... jadi


tinggal digunakan




update sept 2014:  terimakasih banyak teruntuk viewer *_*
baru nemu link yng bikin dompet dari kmasan tetrapak juga
link lainnya